Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Akreditasi di MAS Al Washliyah 49 Pasar Lembu Kecamatan Air Joman
Kata Kunci:
Kepala Madrasah, Akreditasi, Perencanaan, PelaksanaanAbstrak
Akreditasi merupakan salah satu indikator penting dalam menilai mutu lembaga pendidikan. Masyarakat Indonesia memandang bahwa pendidikan yang berkualitas perlu terus diupayakan dan ditingkatkan, karena kualitas pendidikan mencerminkan kemajuan suatu bangsa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh status akreditasi Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Washliyah 49 Pasar Lembu, yang mendorong peneliti untuk mengkaji peran kepala madrasah dalam menyusun perencanaan serta melaksanakan langkah-langkah strategis guna meningkatkan nilai akreditasi madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan yang dilakukan oleh kepala madrasah, serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan solusi yang diterapkan dalam proses peningkatan akreditasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah memulai proses peningkatan akreditasi dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan yang jelas. Pelaksanaan difokuskan pada identifikasi kekurangan seperti kelengkapan administrasi, surat-menyurat, dokumentasi, serta digitalisasi data guru dan siswa yang belum tertata rapi. Selain itu, dilakukan juga pengadaan sarana dan prasarana pendukung. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya administrasi yang lengkap dan fasilitas yang belum memadai. Sebagai solusi, kepala madrasah melakukan pembenahan administratif dan pengembangan fasilitas madrasah secara bertahap. Penelitian ini merekomendasikan agar upaya peningkatan akreditasi dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga mutu pendidikan di madrasah..
Accreditation is one of the key indicators in assessing the quality of an educational institution. Indonesian society believes that quality education must be continuously pursued and improved, as the quality of education reflects the progress of a nation. This study was motivated by the accreditation status of Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Washliyah 49 Pasar Lembu, which led the researcher to examine the role of the madrasah head in planning and implementing strategic efforts to enhance the institution’s accreditation. The objective of this research is to explore the planning and implementation processes carried out by the school leader, as well as to identify the inhibiting factors and solutions applied in the effort to improve accreditation. A qualitative research method was employed, with data collected through observation, interviews, and documentation. The findings reveal that the head of the madrasah began the process by establishing a clear vision, mission, and goals. The implementation focused on identifying deficiencies, such as incomplete administrative documents, correspondence, and unstructured digital data of teachers and students. Additionally, the madrasah worked on improving supporting facilities and infrastructure. The main obstacles encountered were incomplete administrative records and inadequate physical resources. As a solution, the head of the madrasah carried out administrative reforms and gradually improved the school's infrastructure. This study recommends that accreditation improvement efforts be carried out continuously to maintain and enhance the quality of education within the institution.